SOP TERBARU TURNAMENT FUTSAL KL CUP 2014 - AMKT Kersik Luwai Yogyakarta

AMKT Kersik Luwai Yogyakarta

ASRAMA PROVINSI KALIMANTAN TIMUR KERSIK LUWAI YOGYAKARTA

Subscribe Us

...

Minggu, 25 Mei 2014

SOP TERBARU TURNAMENT FUTSAL KL CUP 2014

STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR FUTSAL KERSIK LUWAI CUP II 2014
“SPORTS FOR UNITED”
PERATURAN UMUM PERTANDUNGAN DAN PERATURAN PERMAINAN MENGGUNAKAN PERATURAN FUTSAL FIFA, AFC, DAN PSSI



A. PANITIA PELAKSANA
            Anggota Asrama Mahasiswa Kalimantan Timur Kersik Luwai (AMKT Kersik Luwai)

B. TIM PESERTA
            Tim peserta wajib memenuhi dan menyerahkan persyaratan pendaftaran yang ditetapkan oleh panitia, yakni:
            1. Seluruh peserta adalah mahasiswa aktif asal Kalimantan yang berkuliah di Yogyakarta
2. Membayar uang pendaftaran sebesar Rp. 350.000,-
3. Mengisi formulir pendaftaran dan formulir pernyataan, mengumpulkan foto copy KTP dan KTM, serta mengumpulkan foto ukuran 3x4 1 lembar
4. Menyerahkan uang deposit sebesar Rp. 50.000,- dalam setiap sebelum pertandingan dan akan dikembalikan setelah pertandingan usai / berakhir. (jika terkena kartu, maka akan dipotong sesuai dengan masing-masing sangsi pelanggaran kartu).
            5. Semua tim peserta wajib mengikuti dan menghadiri Technical Meeting.

C. PERATURAN KHUSUS PERTANDINGAN
            JUMLAH PEMAIN DAN OFFICIAL
1.      Jumlah pemain untuk setiap tim terdiri dari 10 orang yang telah didaftarkan dan tidak dapat digantikan selama turnamen berlangsung. Jumlah Official adalah 1 orang setiap tim. Maksimal dalam setiap tim hanya ada 12 orang yang terdiri dari 10 orang Pemain, 1 orang Official, dan 1 orang Pelatih.

SISTEM PERTANDINGAN
1. Turnamen Kersik Luwai Cup II 2014 ini menggunakan sistem Grup.
2. Lama pertandingan babak penyisihan adalah 2x10 menit (kotor) dan dalam babak final lama pertandingan adalah 2x15 menit (kotor).
3. Jika dalam waktu 2x10 menit kedudukan masih seimbang (draw), maka akan diadakan tendangan adu pinalti, 3 penendang dan jika kedudukan masih imbang juga, maka akan ditentukan dengan 1 penendang yang akan ditentukan dengan tos koin (undi koin) dengan memilih menendang atau jaga. (seperti halnya dalam semi final dan final)
4. Time out diberikan satu kali dalam setiap babak, sedangkan lama waktu time out 1 menit dan 2 menit akhir sebelum pertandingan usai dalam masing babak tidak boleh mengambil time out.
5. WO (walk out) akan diberikan kepada tim peserta apabila dalam 10 menit dari jadwal pertandingan tidak dapat menghadirkan timnya untuk melaksanakan pertandingan.
6. Peserta diharapkan datang 30 menit sebelum pertandingan dimulai dan melakukan registrasi pada panitia.
7. Apabila terdapat tim yang pada saat jadwal pertandingan harus bertanding namun tidak hadir atau menolak bertanding, maka tim tersebut dinyatakan walk out (WO).
8. Pemain minimal pada saat dilapangan adalah 3 orang jika yang dapat menghadiri pertandingan tersebut hanya 3 orang tersebut.

D. PERATURAN PERMAINAN
            1. Gol dapat tercipta melalui;
                        a. Tendangan bebas langsung.
                        b. Tendangan sudut (corner kick)
                        c. Tendangan pinalti.
d. Tendangan tidak langsung dan tendangan ke dalam dapat tercipta gol jika tersentuh atau menyentuh pemain lawan atau kawan
2. Setiap pelanggaran langsung / tidak langsung, kick in, corner kick, penjaga gawang menguasai bola diberlakukan 4 detik.
3. Akumulasi pelanggaran, setiap pelanggaran bebas langsung, maka akan diakumulasikan jika akumulasi sebanyak 6 kali akan diberlakukan tendangan pinalti dari titik pinalti (10m) atau ditempat dimana pelanggaran ke-6 itu terjadi dan seterusnya dilakukan.
4. Akumulasi kartu kuning dan kartu merah akan dilakukan Pemutihan Kartu di babak semi final saja,  dan tidak berlaku dalam babak final.
5. Back pass yang dilarang adalah:
a. Ketika bola dari kiper diberikan kepada pemain, tetapi pemain itu memberikan kembali bola ke kiper tanpa terlebih dahulu bola tersentuh pemain lawan.
b. Bola telah disentuh oleh pemain lawan, tetapi secara sengaja bola diberikan oleh pemain kepada kiper dan kiper menangkap bola.
c. Bola hasil out yang ditendang pemain kepada kiper, lalu kiper menangkap bola tersebut. Kecuali bola di kontrol oleh kepper, ini tidak termasuk back pass yang terlarang.
SANKSI KARTU KUNING
1. Pemain yang memperoleh 2 kartu kuning pada pertandingan yang sama, akan mendapatkan kartu merah dan kepada pemain tersebut tidak diperkenankan bermain pada 1 pertandingan berikutnya.
2. Pemain yang memperoleh 2 kartu kuning pada pertandingan yang berbeda, maka pemain tersebut tidak diperkenankan bermain pada 1 pertandingan berikutnya.
3. Pemain yang memperoleh kartu kuning dikenai denda sebesar Rp. 15.000,-
SANKSI KARTU MERAH
1. Pemain yang memperoleh kartu merah langsung karena pelanggaran berat, tidak diperkenankan bermain pada 2 pertandingan berikutnya.
2. Pemain yang memperoleh kartu merah dikenakan denda sebesar Rp 30.000,-
3. apabila pemain mendapatkan kartu merah dari hasil akumulasi 2 kartu kuning, maka tim tersebut di haruskan membayar denda sebesar denda satu kartu kuning (Rp 15.000.-) dan satu kartu merah (Rp 30.000,-) jadi total denda sebesar Rp 45.000,-
SANKSI DISKUALIFIKASI
1. Tim akan mendapatkan diskualifikasi apabila diantara pemain melakukan  penganiayaan terhadap tim lawannya.
2. Tim akan mendapatkan diskualifikasi apabila suporternya membuat keributan, sehingga mengganggu / menyebabkan terhentinya pertandingan.
3. Semua tim peserta tidak diperbolehkan membuat keonaran atau kekisruhan (perkelahian) baik dalam pertandingan yang sedang berlangsung, sehingga mengakibatkan pertandingan terhenti ataupun sesudah pertandingan usai, baik dilakukan oleh pemain, official, pelatih, ataupun supporter dari tim tersebut.
4. Jika salah satu tim peserta melanggar peraturan di atas, maka tim tersebut akan dikenakan denda Rp 5.000.000,- dan akan didiskualifikasi dari turnamen Kersik Luwai Cup II 2014 
5. Pemain yang melakukan penganiayaan terhadap sesama pemain, perangkat pertandingan, official, pengurus perkumpulan futsal, pengelola turnamen, penonton, ataupun wartawan, maka pemain tersebut akan dikenakan denda sebesar Rp 1.000.000,- Official atau pengurus perkumpulan futsal yang melakukan penganiayaan terhadap perangkat pertandingan, pengelola turnamen, penonton, ataupun wartawan, maka pemain tersebut akan dikenakan denda sebesar Rp 3.000.000,- dan akan ditindak lanjuti kepada pihak yang berwajib.
6. Tata cara melakukan protes hasil pertandingan
a. Boleh dilakukan setelah pertandingan yang dijalani selesai dan ditulis dalam berita acara pertandingan.
b. Melampiri bukti-bukti yang harus disampaikan selambat-lambatnya 6 jam setelah pertandingan berlangsung.

E. SERAGAM TIM (WAJIB)
1. Setiap tim wajib menggunakan seragam tim, yang terdiri dari kaos bernomor punggung maksimal 2 digit (1-99), celana, dan kaos kaki (warna dominan). Nomor punggung bebas asalkan 2 digit.
2. Selama turnamen tidak diperkenankan berganti-ganti nomer punggung hingga turnamen selesai. Jika berganti nomer punggung, maka tim tersebut akan didiskualifikasi dari turnamen ini.
3. Kaos penjaga gawang harus berbeda dengan pemain.

F. PEMAIN WAJIB MEMATUHI
            1. Memotong kuku tangan sebelum pertandingan dimulai.
2. Tidak diperkenankan menggunakan aksesoris dalam bentuk apapun seperti anting, gelang, kalung, cincin, jam tangan dll.)
            3. Wjaib menggnakan pelindung tulang kering (skin guard)
4. Pemain harus menghormati pengawas pertandingan, wasit, pemain lawan dan penonton.
5. Dilarang keras memprotes, mendorong, mencaci maki atau mengeluarkan kata-kata kotor kepada empat elemen tersebut di atas.
6. Pemain yang duduk di bangku cadangan wajib memakai sepatu.
7. Keputusan wasit bersifat mutlak.

G. OFFICIAL TIM WAJIB MEMATUHI
1. Official yang berada di bangku cadangan, diwajibkan menggunakan sepatu dan berpakaian rapi.
2. Official atau pelatih yang memberikan intruksi hanya satu orang saja yang boleh berdiri.
3. Official harus menghormati perangkat pertandingan dan penonton.

H. WASIT
            1. Semua keputusan wasit adalah mutlak dan tidak dapat di ganggu gugat.

I. PERAWATAN MEDIS
1. Panitia menyediakan tim medis, melakukan pertolongan pertama apabila terjadi kecelakaan di lapangan pada saat pertandingan berlangsung.
2. Apabila akibat dari kecelakaan tersebut membutuhkan perawatan lanjutan atau ke rumah sakit, maka panitia akan membantu transportasi ke rumah sakit rujukan.
3. Untuk selanjutnya biaya rumah sakit akan ditanggung oleh tim peserta masing-masing.


Hal-hal yang belum diatur dalam peraturan khusus pertandingan futsal ini maka peraturan akan selalu berpedoman dan akan disesuaikan dengan peraturan yang ada, dalam hal ini adalah PSSI, AFC, dan FIFA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar