Saatnya Menebar Kasih, Lebih Besar dari Sebelumnya - AMKT Kersik Luwai Yogyakarta

AMKT Kersik Luwai Yogyakarta

ASRAMA PROVINSI KALIMANTAN TIMUR KERSIK LUWAI YOGYAKARTA

Subscribe Us

...

Sabtu, 28 September 2013

Saatnya Menebar Kasih, Lebih Besar dari Sebelumnya


Hai Sob, Salam Sapa dari Markas Besar "Kersik Luwai" Yogyakarta....


Tak terasa, sekian tahun sudah meniti langkah perantauan di kota tua ini.... hingga akhirnya akan kembali bertemu pada satu hari bersejarah, Idul Adha...
Seperti layaknya teman-teman, Hari Besar ini juga menjadi rutinitas kami untuk terus mengasah kepekaan hati, indahnya berbagi lewat kemampuan yang terbatas, juga kemelut organisasi yang mendidik. Entah kali keberapa, tahun ini "Kersik Luwai" kembali akan mengadakan kegiatan rutin tahunan, panitia Qurban. Dan kali ini, TEMAN-TEMAN harus ikut partisipasi, sobb......:)



Perintah berkurban sudah jelas tertuang pada Kitab Suci :
Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak. maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu, dan berkorbanlah.“QS. al-Kautsar (108: 1-2)
Ayat di atas menunjukkan perintah berkurban, sob....dan masih banyak ayat-ayat lain yang juga serupa. 
Asrama Mahasiswa Kalimantan Timur "Kersik Luwai" Yogyakarta, bermaksud untuk merayakan hari Idul Adha dengan berbagi kasih kepada sesama saudara-saudara yang membutuhkan. Kepekaan yang ingin terus kami asah pada kepedulian-kepedulian kecil ini. Kegiatan sederhana yang kami laksanakan di sebuah desa kecil, dan jauh dari nikmatnya kehidupan “idul adha”. Tahun ini, kami berencana untuk melaksanakan Hari Qurban di desa, Hargomulyo namanya. Desa ini terletak jauh di pedalaman, Gunungkidul. Jarak dari kota Yogyakarta sekitar 1,5 - 2 jam.

Kenapa Harus Gunung Kidul ?
Keadaan Geografis Gunung Kidul
Gunung kidul adalah kabupaten dengan jumlah kecamatan paling miskin terbanyak di DIY. Gunungkidul adalah kabupaten dengan angka bunuh diri tertinggi di Indonesia. Gunungkidul juga menyimpan banyak daftar tunggu bunuh diri yang setiap saat bisa terjadi. Mitor pulung gantung yang telah menjadi keyakinan warga harus sama-sama diputus rantainya dengan berbagai upaya pembinaan. Gunungkidul identik dengan musim kering yang menjadi satu realita kekurangan yang harus di hadapi bersama, sehingga duka mereka dapat menjadi peluang kita untuk terus menebar kasih pada sesama. Masih banyak masjid di wilayah Gunungkidul yang tidak bisa merasakan indahnya Qurban, karena tak satupun hewan Qurban yang dapat disembelih disana. Masih banyak pula masjid lainnya yang hanya menyembelih SATU ekor kambing untuk di bagi kepada lebih dari 50 KK atau sebanyak 140 jiwa.
Dimana Kegiatan ini Dilaksanakan ?
Dusun Suruh, Desa Hargomulyo, Gunung Kidul. Di desa ini terdapat sekitar 245 KK yang di setiap tahunnya tidak tentu merasakan indah dan nikmatnya perayaan Qurban. Keterbatasan ekonomi yang melanda masyarakat, juga menjadi satu penyebab utama minimnya kegiatan Idul Adha yang dilaksanakan. Tidak hanya itu, keadaan alam yang juga tidak mendukung, menambah keterbatasan-keterbatasan itu. Musim kering yang panjang bukan hanya mematikan sumber pencarian, namun juga sumber mata air yang menjadi kebutuhan sehari-hari. Selama musim kering, hal itu akan terus dilakukan hingga alam kembali pulih dengan sumber-sumber air pegunungan.
Bentuk Kegiatan 
1.      Pemotongan Hewan Qur'ban

Sudah menjadi agenda inti Idul Adha, penyembelihan hewan qur'ban. Namun demikian, tak semudah apayang mungkin sama-sama kita bayangkan, sob. Desa ini sudah memiliki cerita sejarah yang kurang membahagiakan untuk di dengar. Kemegahan dan kemeriahan Id' di kota-kota besar, atau bahkan di daerah yang selama ini kita kenal, tak tentu ada di lingkungan dan desa mereka. Penyebab utama keadaan miris itu adalah minimnya hewan Qur'ban yang dapat disembelih. Tingkat perekonomian yang seadanya, membuat keterbatasan itu menjadi masalah kita bersama. Asrama kami, "Kersik Luwai' membuka kesempatan kepada teman-teman, saudara, bapak/ibu, untuk dapat berpartisipasi dalam kepekaan ini. Donasi dapat diberikan dalam bentuk hewan, atau sejumlah dana yang akan kami belikan hewan Qur'ban. Hanya dengan SATU JUTA RUPIAH, saudara/i dapat menjadi donatur pada kesempatan ini. 
Kriteria Hewan Qur'ban :
A.    Kambing
1.      Tipe A (>25 kg)                :  Rp 2.000.000,-
2.      Tipe B (20-25 kg)             :  Rp 1.600.000,-
3.      Tipe C (<20 kg)               :  Rp 1.000.000,-

B.     Sapi
1.      Tipe A (>100 kg)              :  Rp 14.500.000,-
2.      Tipe B (80-100 kg)           :  Rp  13.000.000,-
3.      Tipe C (80 kg)                  :  Rp  12.000.000,-
2.      Droping Air Bersih
Untuk memenuhi kebutuhan air, masyarakat harus membelinya terlebih dahulu. Distribusi penjualan melalui tanki besar berkapasitas 5000 liter, dengan harga Rp. 170.000,00 untuk satu KK. Pembelian air dengan dana yang demikian hanya mampu bertahan sekitar 2 pekan saja. Takmir masjid pun harus berupaya keras mencari donasi untuk ketersediaan air bersih. Droping air bersih juga akan disebar dibeberapa titiki, termasuk masjid dan mushola yang tersebar di Desa Hargomulyo. Target yang akan kami distribusikan sebanyak 10 tangki air bersih.
3.      Games Anak
Kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya kami untuk menghibur anak-anak ditengah keadaan yang penuh keterbatasan. Mencoba merangkul dengan permainan-permainan sederhana. Menggali canda tawa mereka untuk sedikit melupakan rutinitas kehidupan yang sulit. Kami akan mengadakan beberapa lomba-lomba kecil. Sebagai apresiasi terhadap kemeriahan yang ada, kami akan memberikan beberapa hadiah untuk para pemenang lomba. Untuk itu, kami membuka uluran tangan pihak luar sebagai donatur dalam kegiatan ini. Target untuk kegiatan ini sebanyak 5 lomba dengan juara (1,2,3). Jumlah seluruhnya ada 15 hadiah yang akan diberikan.
            Apa Yang Bisa Teman-Teman Bantu ?
1.      Hewan Qurban, baik hewan maupun sejumlah dana.
2.      Sumbangan dana untuk Bakti Sosial (Droping Air Bersih)
3.      Sumbangan dana/hadiah, untuk games anak-anak
4.      Sumbangan pakaian layak pakai untuk pengumpulan dana kegiatan ini.

Apa Yang Kami Telah Lakukan Untuk “Berbagi Pada Sesama” ?
1.      Iuran
2.      Galang dana Lampu Merah
3.      Ngamen yukkk….
4.      Cari Donasi ke berbagai instansi
Bagi Teman-teman yang ingin berpartisipasi dalam upaya penggalangan dana, silahkan….:)

Dengan segenap keterbatasan kemampuan yang kami miliki, alangkah lebih indah dan menarik jika niat baik ini dikerjakan secara bersama-sama dengan teman-teman sekalian. Untuk itu kami memohon kerjasama dan partisipasinya dalam penyelenggaraan acara ini. 

Info Rekening :
     Transfer ke Bank BRI Syariah No. Rek. 1007155936 Cab. KC Jogja Yos Sudarso Jl. Yos Sudarso No.1  a/n Nashih Ulwan
Konfirmasi Transfer via sms ke nomer 085752232908
Dengan format isi pesan : <tipe(uang/hewan)#jumlah/ekor#nama shohibul qurban bin...>   

     Contac Person :
085725718532/ 082325005299 (Wahyu Hadi Wibowo : Koordinator Danus)

1 komentar: